Penyebab Umum dan Khusus Perang Dunia II Lengkap

Perang dunia II atau Perang Dunia 2 (Kedua) berlangsung dari tahun 1939 sampai 1945. Penyebab Perang Dunia 2 dibagi menjadi dua yaitu penyebab umum dan penyebab khusus. Pada artikel ini kita akan menjelaskan secara rinci baik penyebab umum maupun penyebab khusus terjadinya Perang Dunia 2.

Penyebab Umum Perang Dunia 2

Secara umum Perang dunia 2 ini disebabkan oleh berbagai hal seperti balas dendam dan politik. Berikut ini beberapa Penyebab Umum Perang Dunia 2 :
1. Politik balas dendam atau Refansi Idea
2. Konflik faham antara Negara atau pertentangan ideologi
3. Munculnya Politik Ekspansi atau penguasaan Negara lain (Penjajahan)
4. LBB (Liga Bangsa – Bangsa) gagal dalam menciptakan perdamaian dunia.
5. Perlombaan senjata canggih dan teknologi antar Negara penguasa dunia saat itu.
6. Politik Aliansi atau mencari sekutu untuk saling kerjasama. Hal ini membuat dunia terbagi menjadi dua blok yaitu blok Fasis dan Blok Sekutu.

penyebab umum dan khusus PD 2
Perang Dunia 2

Dibawah ini kedua Blok dan negara anggotanya:

1. Blok Fasis terdiri dari Italia, Jerman, dan Jepang
2. Blok Sekutu terbagi menjadi  dari 2 blok :
    a. Blok Demokrasi terdiri dari Inggris, Prancis, Amerika Serikat dan Belanda.
    b. Blok Komunis terdiri dari Uni Sovyet, Polandia, Bulgaria, Hungaria, Yugoslavia, Rumania, dan Cekoslowakia.

Penyebab Umum Perang Dunia 2 diatas menjadi penyebab perang yang terjadi bertahun-tahun antar Negara di dunia saat itu. Selanjutnya kita akan membahas penyebab khusus yang menyebabkan Perang Dunia 2.

Penyebab Khusus Perang Dunia 2

Dibawah ini adalah beberapa penyebab khusus yang menyebabkan Perang Dunia 2:
1. Wilayah Eropa disebabkan karena serangan kilat Jerman terhadap Polandia tanggal 1 September 1939.
2. Wilayah Pasifik dan Amerika Serikat disebabkan serbuan Jepang terhadap pangkalan armada angkatan laut Amerika Serikat di Pearl Harbour (Hawai) tanggal 7 Desember 1941.

Sejarah Singkat Penyebab Perang Dunia II

Perang dunia II terjadi pada tahun 1939 sampai 1945. Kelompok yang berperang dalam perang dunia kedua ini adalah Jerman, Jepang, dan Italia (Kelompok Negara Poros) melawan Inggris, Perancis, Amerika Serikat, Norwegia, Belanda, dan Denmark  (Kelompok Negara Sekutu).

Secara garis besar perang dunia kedua terbagi menjadi dua wilayah yaitu kawasan Eropa dan Kawasan Asia Pasifik. Di wilayah Eropa perang diawali oleh Jerman dengan menyerang Polandia pada tanggal 1 September 1939. Serangan Jerman tersebut memicu berbagai Negara ikut terlibat dalam perang yang berlangsung bertahun-tahun tersebut.

penyebab umum dan khusus perang dunia 2

Sementara itu, pada wilayah Asia Pasifik perang dimulai karena Jepang secara tiba-tiba mengebom markas Militer Amerika Serikat (USA). Pada tanggal 7 September 1941, Jepang mengebom pangkalan Angkatan Laut Amerika di Pearl Harbour (Hawai). Dalam waktu yang singkat Jepang berhasil menguasai pusat militer Amerika Serikat dan sekutunya di Asia Pasifik.

Selain itu, Jepang berhasil menguasai beberapa kepulauan di Lautan Pasifik dan daerah-daerah bekas jajahan Inggris, Perancis, dan Belanda di Asia. Pada waktu itu Jepang mempunyai cita-cita membentuk imperium Asia Timur Raya.

Pada akhirnya jepang mengalami kehancuran dan kekalahan dalam perang dunia 2. Jepang menyerah setelah dua kota besar Hirosima dan Nagasaki dihancurkan dengan bom atom. Kondisi ini yang akhirnya berhasil dimanfaatkan Indonesia untuk mendeklarasikan kemerdekaan.

Demikian penjelasan lengkap Penyebab Umum dan Khusus Perang Dunia 2 beserta Sejarahnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan berguna bagi kalian yang sedang mencari materi Sejarah.

Subscribe to receive free email updates: