Arti penting Serangan Umum 1 Maret 1949

Arti penting Serangan Umum 1 Maret 1949 - Tentara Negara Indonesia (TNI) melakukan serangan umum di Kota Yogyakarta. Serangan Umum ini dipimpin oleh Letkol Soeharto pada tanggal 1 Maret 1949. Latar belakang serangan umum 1 maret adalah Surat Perintah Siasat No.1 tahun 1948.

Kronologi Serangan umum 1 Maret 1949 dimulai dari bunyi sirine pada pukul 06.00 WIB yang biasa berbunyi di Yogyakarta. Tni mendapat tugas penting untuk merebut kota Yogyakarta dari tangan penjajah. Dalam waktu 6 jam, Kota Yogyakarta berhasil direbut kembali oleh para Tentara dan seluruh rakyat Yogyakarta.

Serangan Umum 1 Maret 1949 dibagi menjadi 5 sektor. Masing-masing sector dipimpin oleh Letkol dan Mayor yang telah dipercaya Letkol Soeharto untuk memimpin para tentara. Berikut ini 5 Sektor Serangan Umum 1 Maret beserta pimpinannya :
  • Letkol Ventje Sumual memimpin Sektor Barat
  • Mayor Kusno memimpin Sektor Utara
  • Mayor Sarjono memimpin Sektor Timur
  • Mayor Sarjono memimpin Sektor Selatan
  • Letnan Marsudi memimpin Sektor Kota.

Arti Penting Serangan Umum 1 Maret 1949

Keberhasilan Serangan umum 1 maret tidak lepas dari dukungan Sultan Hamengku Buwono IX dan semua rakyat Yogyakarta. Serang umum ini mempunyai arti penting bagi seluruh rakyat dan bangsa Indonesia yaitu :
  1. Meningkatkan rasa percaya diri dan semangat perjuangan rakyat Indonesia dan TNI yang sedang bergerilya,
  2. Meningkatkan kepercayaan rakyat indonesia kepada Tentara Negara Indonesia (TNI),
  3. Mendukung perjuangan Diplomasi (Perundingan),
  4. Mematahkan moral Belanda dan pergi dari Kota Yogyakarta,
  5. Menunjukan kepada seluruh dunia bahwa TNI mampu melakukan perlawanan melalui Serangan Umum 1 Maret.
Arti penting Serangan Umum 1 Maret 1949 diatas menjadi bukti berjasanya perjuangan para pahlawan Indonesia. Untuk menghormati dan menghargai perjuangan para pahlawan serangan umum didirikan Monumen Serangan Umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta.

 Serangan Umum 1 Maret 1949
Monumen Serangan Umum 1 Maret 1949

Demikian pembahasan sejarah tentang Arti penting Serangan Umum 1 Maret 1949, semoga menjadi bukti sejarah Nasional dan Dunia. Selain itu, kita sebagai generasi muda dapat mengambil pelajaran untuk tetap semangat berjuang untuk menjaga kemajuan bangsa Indonesia di era modern ini.

Subscribe to receive free email updates: