Rabu, 08 November 2017

Zaman Logam dan Pembagian Zaman Logam

Zaman Logam merupakan salah satu bagian dari zaman prasejarah. Disebut Zaman Logam karena alat-alat penunjang kehidupan manusia sebagian besar terbuat dari logam. Zaman Logam terbagi menjadi 3 zaman yaitu Zaman Tembaga, Zaman Perunggu, Zaman Besi.

Pambagian Zaman Logam

Berdasarkan temuan barang-barang dari logam timbul dugaan tentang terjadinya persebaran atau perpindahan bangsa-bangsa Indonesia. Selain itu, juga bisa terjadi karena adanya hubungan dagang antara bangsa-bangsa Indonesia dengan bangsa-bangsa Asia yang telah mengenal logam.

Pembagian Zaman Logam
Ilustrasi kehidupan pada zaman logam

Pembagian zaman logam di Indonesia dibagi menjadi 3 zaman yaitu zaman tembaga, zaman perunggu, dan zaman besi. Berdasarkan jenis logam yang ditemukan oleh para ahli, maka zaman perunggu yang paling dikenal di Indonesia. Berikut ini penjelasan lengkap tentang 3 Zaman Logam:

1. Zaman Tembaga

Pada Zaman Tembaga manusia sudah dapat mengolah logam tembaga yang disesuaikan dengan bentuk-bentuk peralatan yang dibutuhkan sehari-hari. Namun, pada zaman ini tidak pernah mempengaruhi masyarakat Indonesia karena tidak ditemukannya bukti bahwa zaman Tembaga pernah berkembang di Indonesia.

2. Zaman Perunggu

Pada Zaman Perunggu manusia sudah mampu membuat alat-alat dari perunggu yang merupakan logam campuran antara timah dan tembaga. Pada Zaman ini peralatan yang dikenal luas adalah kapak perunggu. Disamping itu ada pula tombak besar bermata lebar seperti kapak. Tombak itu sangat indah dan kemungkinan digunakan sebagai benda-benda upacara, misalnya memohon turunnya hujan.

3. Zaman Besi

Pada Zaman Besi manusia sudah dapat melebur bijih-bijih besi dalam bentuk alat-alat yang diperlukan untuk menunjang kehidupannya. Di Indonesia, penemuan-penemuan benda dari besi terbatas jumlahnya jika dibandingkan dengan benda-benda dari perunggu.

Peralatan-peralatan dari besi yang ditemukan di Indonesia antara lain mata kapak, mata pisau, tombak, dan gelang besi. Zaman ini juga memperlihatkan kepada kita bahwa pada masa lalu sudah terjadi perkembangan teknologi. Menurut para ahli sejarah, pembuatan alat-alat besi ini menunjukan kebudayaan yang lebih maju dibandingkan dengan cara pembuatan alat-alat dari perunggu.
Baca juga artikel kami lainnya :
Demikian artikel tentang Zaman Logam dan Pembagian Zaman Logam. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk kalian. Silahkan ikuti terus update artikel sejarah terbaru dan terlengkap di blog pendidikansejarah.com.

Related Posts

Zaman Logam dan Pembagian Zaman Logam
4/ 5
Oleh

Contact Me

Nama

Email *

Pesan *