Rabu, 08 November 2017

Pengertian Sejarah dan Sumber Sejarah

Sejarah merupakan ilmu yang mempelajari kejadian-kejadian atau peristiwa yang terjadi di masa lampau dalam lingkungan kehidupan manusia. Lingkungan yang dimaksud seperti harapan, prestasi, kekalahan, kemenangan, penemuan ide, dan keyakinan umat manusia sejak pertama kali muncul di bumi ini.

Pengertian Sejarah

Berbicara mengenai Pengertian Sejarah berarti berbicara mengenai tiga dimensi: apa, kapan, dan di mana. Apa menunjuk kepada peristiwa yang terjadi di masa lampau; kapan menunjuk kepada waktu terjadinya peristiwa tersebut; sedangkan dimana menunjuk kepada tempat peristiwa itu terjadi. Ketiga dimensi ini merupakan kerangka Pengertian Sejarah.

Pengertian Sejarah dan Sumber Sejarah
Ilustrasi Sejarah

Tetapi pada perkembangan berikutnya, kerangka Pengertian Sejarah tidak hanya menyangkut pada tiga dimensi saja tetapi ditambah 3 dimensi lagi, yaitu mengapa, siapa, dan bagaimana. Mengapa menunjuk kepada hubungan sebab akibat dari sebuah peristiwa sejarah yang terjadi, siapa menunjuk kepada siap saja tokoh-tokoh yang terlibat dalam peristiwa sejarah yang terjadi, dan yang terakhir adalah bagaimana yang menunjuk kepada bagaimana peristiwa sejarah itu bisa terjadi dan lebih menjelaskan tentang proses dari sebuah peristiwa yang terjadi.

Setiap bangsa di muka bumi ini mempunyai sejarahnya sendiri walaupun tidak semua bangsa mempunyai catatan tertulis. Melupakan sejarah sama dengan seseorang yang menderita “hilang ingatan”. Mengenal diri berarti mengingat siapa kita kemarin dan hari-hari sebelumnya, sejak kita ada di bumi ini. Sejarah sekelompok orang entah itu kelompok keluarga, kelompok agama, atau bangsa adalah bagian dari “identitas” kelompok tersebut. Sejarah merupakan petunjuk tentang apa, siapa, manusia itu sebenarnya.

Peristiwa Sejarah juga mencatat perang, bencana, penyakit, kelaparan, dan malapetaka yang menimpa umat manusia di masa lampau. Selain itu pengertian sejarah juga diartikan sebuah cerita yang menggambarkan perubahan dan peristiwa yang terjadi dalam kehidupan manusia di masa lampau yang telah diberi tafsir atau arti tertentu oleh para ahli sejarah.


Sumber – Sumber Sejarah

Untuk mengetahui berbagai peristiwa atau kejadian di masa lampau secara lengkap dan utuh, diperlukan adanya sumber sejarah. Sumber sejarah adalah berbagai sumber yang dapat dijadikan bukti, acuan, dan saksi bahwa peristiwa sejarah itu pernah terjadi.

Sumber sejarah bisa berasal dari beraneka ragam dan jenis. Sumber sejarah dapat berupa sumber lisan, sumber tulisan, dan dapat berupa sumber benda. Berikut ini adalah masing-masing penjelasan dan contoh sumber sumber sejarah.
  1. Sumber Lisan adalah keterangan langsung dari para pelaku atau saksi-saksi dari peristiwa yang terjadi di masa lampau. Selain itu juga dapat berasal dari orang-orang yang menerima keterang itu secara lisan dari orang lain.
  2. Sumber tulisan adalah sumber yang berupa prasasti-prasasti , dokumen-dokumen, naskah-naskah, babad, rekaman, dan sebagainya.
  3. Sumber benda adalah sumber yang berupa peninggalan-peninggalan sejarah seperti alat-alat atau benda-benda kebudayaan. Contohnya seperti kapak, gerabah, perhiasan manik-manik, dan lain sebagainya. Benda tersebut merupakan hasil kebudayaan di masa lampau baik yang terbuat dari batu maupun logam.
Sumber-sumber sejarah tersebut diteliti, dikaji, dianalisis, dan ditafsirkan secara cermat dan kristis oleh para ahli sejarah. Kemudian disusun menurut aturan-aturan yang bersifat kronoligis sehingga dapat diperoleh suatu gambaran peristiwa yang terjadi di masa lampau. Urutan-urutan peristiwa sejarah dan segala sesuatu yang menyangkut peristiwa tersebut menunjukkan perkembangan kehidupan manusia sesuai zamannya.


Pengertian Zaman Sejarah dan Zaman Prasejarah

Dalam arti luas, Peristiwa Sejarah ini sangat beraneka ragam serta jangka waktunya pun sangat lama. Jadi dapat disimpulkan bahwa Sejarah sudah ada sejak manusia pertama kali ada di bumi ini.
Oleh karena itu, untuk mempermudah mempelajarinya maka para ahli sejarah membagi peristiwa sejarah berdasarkan kurun waktunya. Secara garis besar, kurun waktu sejarah dibagi menjadi dua zaman yaitu Zaman Prasejarah dan Zaman Sejarah.
  • Zaman Prasejarah merupakan suatu zaman dimana manusia belum mengenal tulisan. Zaman ini kemudian juga disebut Zaman Praaksara. Kurun waktu Zaman Prasejarah ini sejak manusia pertama ada hingga manusia mengenal tulisan.
  • Zaman Sejarah merupakan suatu zaman dimana manusia sudah mengenal tulisan. Kurun waktunya sejak manusia mengenal tulisan berakhir sampai sekarang. Jadi Zaman Sejarah dimulai ketika Zaman Prasejarah berakhir.
Silahkan baca juga artikel lainnya
  1. Pembabakan Zaman Prasejarah
  2. Pembabakan Zaman Praaksara
  3. Apa itu Sejarah?
Demikian penjelasan lengkap tentang Pengertian Sejarah dan Sumber Sejarah. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kalian yang sedang mencari materi Sejarah. Update materi sejarah lainnya silahkan kunjungi website kami di www.pendidikansejarah.com

Related Posts

Pengertian Sejarah dan Sumber Sejarah
4/ 5
Oleh

Contact Me

Nama

Email *

Pesan *