Rabu, 25 Oktober 2017

Pengertian Nefo dan Oldefo (Sejarah, Latar Belakang, dan Tujuan)

Istilah Nefo dan Oldefo muncul pada saat Indonesia masih dipimpin oleh Presiden Soekarno. Waktu itu muncul wacana terbentuknya Federasi Malaysia yang beranggotakan semua bekas jajahan Inggris di wilayah asia Tenggara. Pembentukan Federasi ini di tolak oleh Presiden Soekarno karena dianggap sebagai bentuk kolonialisme baru.

Wacana pembentukan Federasi Malaysia ini didukung dengan berkembangnya isu Nefo melawan Oldefo. Nefo merupakan kepanjangan dari The New Emerging Forces. Sementara Oldefo kepanjangan dari The Old Established Forces.

nefo dan oldefo
Presiden Soekarno (Nefo)

Nefo dan Oldefo

Secara umum, Nefo adalah lambang kelompok negara yang baru merdeka dan menentang kolonialisme, imperialisme, dan komunisme. Oldefo adalah kelompok Negara merdeka yang melaksanakan kolonialisme dan imperialisme. Pemerintah Indonesia menentang wacana ini dan menyatakan bahwa segala bentuk imperialisme dan kolonialisme harus dihapuskan.

Nefo dan Oldefo merupakan kedua hal yang muncul akibat hubungan antara Negara penjajah dan Negara yang dijajah. Hubungan ini muncul karena masalah ekonomi yang terjadi di Negara yang baru merdeka. Keadaan ekonomi Negara yang baru merdeka pada umumnya masih kacau dan tidak stabil. Sementara Negara penjajah ingin Negara yang dijajah mengalami kemakmuran. Pada saat itu, muncul istilah politik balas budi (politik etis) karena telah mengeksploitasi sumber daya alam Negara jajahan.

Kondisi seperti ini tentu sangat menguntungkan kedua belah pihak antara Negara Penjajah dengan Negara yang diajajah. Sebagai contohnya Belanda dan Jepang saling membantu memperbaiki keadaan ekonomi Indonesia. Belanda membantu memperbaiki kondisi ekonomi Indonesia melalui IGGI (Inter Government Group on Indonesia).

Lembaga IGGI didirikan pada tahun 1967. Kondisi ini menunjukkan bahwa terjadi perubahan social, ekonomi, dan politik pasca kemerdekaan. Negara yang baru merdeka tentu membutuhkan bantuan dari Negara lain termasuk bangsa yang menjajahnya. Hal ini tentu mempunyai nilai positif dengan adanya hubungan yang harmonis antara penjajah dengan Negara yang dijajah.

Namun hubungan dengan bangsa barat tampaknya mulai merenggang dengan adanya isu Nefo melawan Oldefo. Pihak barat mulai pasif ketika Indonesia berjuang dalam pembebasan irian barat. Pada waktu itu, blok timur seperti uni soviet tampil aktif membantu Indonesia dengan memberikan bantuan senjata modern.

Puncaknya ketika terjadi wacana pembentukan Federasi Malaysia yang bertujuan menggabungkan wilayah bekas jajahan Inggris di Asia Tenggara. Presiden Soekarno menganggap hal ini membahayakan bangsa Indonesia dan Nefo karena bias menjadi boneka Nekolim.

Sejarah Ganefo 

Politik Nefo-Oldefo juga dikenal dengan sebutan politik mercusuar. Istilah ini muncul ketika bung Karno menyatakan bahwa Indonesia merupakan mercusuar yang bisa memberikan jalan yang terang untuk seluruh anggota Nefo.
Arti Nefo dan Oldefo
Ganefo
Oleh karena itu, Indonesia membuat proyek-proyek politik yang diharapkan dapat menempatkan Indonesia sebagai penggerak di kalangan Nefo. Contohnya ketika Indonesia menyelenggarakan Game of the New Emerging Forces (Ganefo). Proyek ini dimulai dengan pembangunan-pembangunan kompleks olahraga Senayan yang menelan biaya miliaran rupiah.

Namun proyek Ganefo ini mengakibatkan ekonomi Indonesia menjadi berantakan sehingga menyebabkan Inflasi yang tidak bisa dikendalikan lagi. Akibatnya tentu rakyat Indonesia yang merasakan bencana dengan inflasi mata uang yang terjadi.

Masalah ini timbul karena kurangnya perhitungan yang matang oleh pemerintah. Berbagai hal seperti pengiriman delegasi asing ke berbagai Negara maupun sebaliknya menggunakan biaya Negara. Selain itu pembangunan-pembangunan yang kurang perencanaan akhirnya macet ditengah jalan dan menjadi bangunan dan besi yang tidak terpakai.

Kesimpulannya politik Nefo - Oldefo  atau mercusuar ini mengorbankan kepentingan nasional demi terciptanya terobosan bagi seluruh anggota Nefo. Seharusnya politik luar negeri harus di nomor duakan setelah kepentingan rakyat. Sehingga pembangunan nasional berjalan baik untuk masa depan bangsa Indonesia.

Demikian pengertian dan sejarah Nefo –Oldefo, semoga sejarah ini menjadi pengalaman untuk pemerintah dan rakyat Indonesia selalu mendapatkan kemakmuran di masa yang akan datang. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Pengertian Nefo dan Oldefo (Sejarah, Latar Belakang, dan Tujuan)
4/ 5
Oleh

Contact Me

Nama

Email *

Pesan *