Kamis, 01 Juni 2017

Peta Pulau Jawa Lengkap beserta Keterangannya (HD)

Peta Pulau Jawa Lengkap beserta keterangannya (HD) - Pulau Jawa merupakan salah satu pulau di Indonesia yang memiliki populasi penduduk yang paling padat dibandingkan pulau lainnya. Pulau yang pernah menjadi pusat sejarah pada saat jaman kejayaan kerajaan majapahit ini juga menjadi pulau terpadat di dunia.

Selain menjadi pulau dengan populasi manusia terpadat didunia, Jawa juga merupakan pulau terbesar ke-13 di dunia. Pulau Jawa mempunyai luas sekitar 126.700 km2. Selain itu Pulau Jawa mempunyai Sungai terpanjang ialah Bengawan Solo dengan panjang 600 km. Sungai ini bermata air di Jawa tengah tepatnya di gunung Lawu. Aliran sungai kemudian mengalir ke arah utara dan timur, menuju muaranya di Laut Jawa di dekat kota Surabaya.

Pulau Jawa sampai saat ini terbagi menjadi 6 provinsi dari jumlah 35 Provinsi di Indonesia. Provinsi tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Jawa Barat, 
  2. Jawa Tengah,
  3. Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), 
  4. Jawa Timur, 
  5. DKI Jakarta, 
  6. Banten. 
Setiap provinsi tersebut membawahi kabupaten dan kota administrative yang tersebar di seluruh pulau Jawa. Disamping itu terdapat kota-kota besar yang menjadi pusat aktivitas penduduk di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Malang, Surakarta, dll.

Gambar Peta Pulau Jawa

Selain kami memberikan berbagai macam Peta Pulau Jawa, Peta Jalan Pulau Jawa, maupun Peta Pulau Jawa Google Maps, kami akan menjelaskan secara detail mengenai kondisi alam dan batas pulau jawa.
Peta Pulau Jawa Ukuran Besar
Peta Pulau Jawa HD
Batas-Batas wilayah yang membatasi pulau jawa (kalian dapat lihat di peta pulau Jawa dibawah)
  • Sebelah barat berbatasan dengan Selat Sunda
  • Sebelah timur berbatasan dengan Selat Bali
  • Sebelah utara berbatasan dengan Laut Jawa
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Indonesia/Samudera Hindia.

Peta Persebaran Gunung Berapi di Pulau Jawa

Hampir semua wilayah pulau Jawa pernah memperoleh dampak dari aktivitas gunung berapi. Terdapat tiga puluh delapan gunung berapi yang terbentang dari timur ke barat pulau ini. Gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa yaitu Gunung Semeru (3.676 m), namun gunung berapi yang paling aktif adalah Gunung Merapi (2.968 m) serta Gunung Kelud (1.731 m). Keduanya bahkan tercatat merupakan gunung berapi paling aktif di Indonesia.
Peta gunung berapi di Pulau Jawa
Peta Persebaran gunung berapi di pulau Jawa

Peta Pulau Jawa

Untuk lebih jelas silahkan perhatikan beberapa peta pulau jawa dibawah ini. Agar lebih jelas silahkan klik gambar peta atau jika ingin menyimpan silahkan klik pada gambar dan simpan atau download gambar.

Dari peta Pulau Jawa di bawah ini kalian bisa melihat peta jalur mudik lebaran, di mana letak kota-kota yang anda tuju mulai dari ujung Jawa Barat sampai ujung Jawa Timur. Dari Peta Jawa di bawah ini anda juga bisa melihat di mana letak gunung, pegunungan, hutan, maupun sungai yang menghampar.

Catatan: Untuk melihat lebih jelas gambar Peta Pulau Jawa (Silahkan klik pada gambar peta untuk mendapatkan ukuran maksimal).

Peta Pulau Jawa Lengkap dengan keterangannya

Untuk melihat peta Jawa ukuran besar (HD) silahkan klik gambar peta di bawah ini dan silahkan download peta:

Peta Pulau Jawa ukuran besar
Peta Pulau Jawa
Untuk melihat Peta Jawa ukuran besar (HD) silahkan klik gambar peta dan silahkan download peta

Peta Pulau Jawa Ukuran Besar
Source: www.sejarah-negara.com
Untuk melihat Peta Jawa ukuran besar (HD) klik gambar peta dan silahkan download peta.

Dari peta di atas jika kalian merasa masih kurang jelas, silahkan lihat pada Google Maps di bawah ini:


Jika ingin melihat detail peta pulau jawa dari masing-masing provinsi di pulau jawa, kalian bisa pilih link dibawah ini sesuai peta kota yang kalian cari.
  1. Peta Yogyakarta
  2. Peta Jawa Timur
  3. Peta Jawa Barat
  4. Peta Jawa Tengah
  5. Peta DKI Jakarta
  6. Peta Banten
Demikian Pembahasan mengenai Peta Pulau Jawa Lengkap dengan keterangannya. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan kita semua. Selain itu semoga dapat bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari dan membutuhkan petunjuk lokasi dari tempat yang kalian cari.

Ikuti pembahasan materi sejarah dan peta di blog Sejarah Nasional.

Related Posts

Peta Pulau Jawa Lengkap beserta Keterangannya (HD)
4/ 5
Oleh

Contact Me

Nama

Email *

Pesan *